Home » , » Review Pixel People – Game Simulasi Terbaik Dengan Gaya Pixel Art

Review Pixel People – Game Simulasi Terbaik Dengan Gaya Pixel Art



168GAMES - Selama hampir 3 jam setengah minmin duduk tenang sambil memegang iPhone minmin memainkan game terbaru dari Chillingo dan LambdaMu yaitu Pixel People. Satu hal yang minmin tangkap ketika memainkannya yaitu game ini akan membuat 168GAMERS sibuk. Mungkin 
168GAMERS sedikit menolehkan wajah ketika melihat screenshot game ini di App Store karena gambarnya yang pixelated. Namun percayalah 168GAMERS akan menyukainya setelah mencoba memainkan Pixel People. Kenapa? Read on..

Selamat datang di Utopia, sebuah planet baru yang melayang-layang di angkasa berisi kloningan umat manusia. Bumi yang kita tinggali sekarang sudah hancur dan 
168GAMERS harus membuat populasi yang baru dalam Utopia. Untuk itu 168GAMERS dibekali dengan mesin canggih yang bisa melakukan kloning terhadap manusia sehingga terbentuk jenis manusia yang baru dan berbeda.



Walaupun Pixel People masuk dalam kategori game simulasi town building, namun LambdaMu tidak menitikberatkan pada hal tersebut seperti kebanyakan game lain di genre ini. Pencarian jenis manusia baru dengan menggabungkan spesimen merupakan inti dari game ini. Dengan mesin kloning yang ada 
168GAMERS harus memilih 2 material gen agar bisa menghasilkan satu jenis pekerjaan baru. Misalnya secretary dicampur dengan mathematician akan menjadikan seorang accountant.

Namun tidak semua bisa dicampur seenaknya akan ada sebuah tabung reaksi dengan warna berbeda. Merah berarti campuran tersebut kuat dan bisa menghasilkan bangunan baru, kuning bisa dipakai namun tidak terlalu spesial, sementara abu-abu hanya tidak bisa dicampur.

Nah untuk menampung manusia baru tersebut, 
168GAMERS harus membuat sebuah rumah yang bisa dihuni oleh mereka. Sementara itu bangunan lainnya seperti stadium baru akan muncul ketika sebuah jenis pekerjaan baru ditemukan. Jadi yang bisa 168GAMERS bangun menurut kehendak 168GAMERS hanya jenis residensial saja beserta dengan hiasannya seperti pohon, jalanan, dll.


Bangunan tempat manusia bekerja tersebut akan menghasilkan koin yang akan menjadi mata uang dalam game ini selain utopium yang menjadi mata uang dengan tingkat yang lebih tinggi. Satu bangunan akan berisi lebih dari 1 orang tergantung slot yang tersedia. Bila slot tersebut sudah terisi penuh, koin yang dihasilkan akan semakin tinggi. Nah yang cukup membuat 168GAMERS sibuk, bangunan tersebut memiliki masa aktif, yang artinya setiap beberapa menit harus 168GAMERS tap untuk mengaktifkannya agar kembali menghasilkan koin.

Segala pengaturan menu dan juga Game Center bisa 
168GAMERS temui di bangunan-bangunan tertentu. Seperti help dan setting bisa dijumpai di Town Hall, atau Game Center di Police Station. Cukup unik. Dibagian atas game akan ada sebuah katalog tipe kloning yang sudah pernah dihasilkan, disamping itu ada juga hewan. Cara untuk mendapatkan hewan antara lain dengan mengumpulkan hati dari setiap residensial beberapa menit sekali. Caranya tap & tahan saja pada icon hati yang ada sampai icon hati tersebut membesar.

Bila hati yang dikumpulkan sudah penuh maka akan ada kiriman misterius di mana 
168GAMERS bisa saja mendapatkan hewan, koin atau bahkan utopium. Level 168GAMERS akan naik setiap kali 168GAMERS memperluas lahan. Disamping itu ada banyak achievement yang bisa 168GAMERS raih. Fitur iCloud Sync dipergunakan setiap kali 168GAMERS menutup dan membuka game ini.

Walaupun Pixel People hadir dengan grafis pixel art, namun minmin harus mengacungi jempol untuk kualitasnya. Presentasi visual diberikan dengan detail sampai pixel terkecil. Berbagai warna menarik juga dalam setiap pixel-nya juga membuat game ini enak untuk dilihat. Untuk musik hanya ada 2 musik pengiring, namun cukup enak untuk didengar. Saya menemukan bug untuk fitur notifikasi yang berulang terus, walaupun hal ini bisa diatasi dengan menonaktifkannya.

Untuk game gratis IAP merupakan sebuah halangan. Tetapi, selama minmin bermain IAP tidak pernah minmin sentuh karena koin bisa dengan mudah didapatkan. Sekali lagi LambdaMu berhasil membuat game yang super fun, super adiktif dengan harga gratis. Kehadiran Pixel People semakin mengokohkan posisinya sebagai developer papan atas yang sebelumnya juga mendapatkan nilai sempurna untuk Dice Soccer. Pastikan saja 
168GAMERS meluangkan banyak waktu untuk memainkanPixel People. ^_^

Apple App Store Link: Pixel People, Gratis

Google Play Store Link: Pixel People, Gratis



KESIMPULAN : 

(+) Kualitas grafis yang detail
(+) Mudah untuk mengumpulkan koin
(+) Gameplay yang unik dengan banyak kemungkinan yang terjadi
(+) iCloud Sync berjalan cepat & sempurna

(-) Bug pada fitur notifikasi

RATING 168GAMES : 9.5/10

0 comments:

Post a Comment