Home » , » Review The Vanishing of Ethan Carter – Kisah Tentang Melankolia Dan Detektif Supernatural

Review The Vanishing of Ethan Carter – Kisah Tentang Melankolia Dan Detektif Supernatural



168GAMES - Video game merupakan medium yang hampir tidak terbatas. Media ini bisa menghibur berbagai jenis manusia, dengan berbagai jenis cara yang berbeda, termasuk cara-cara yang aneh seperti memaksa penikmatnya untuk jalan kaki secara virtual berkilometer-kilometer, atau dengan cara membuat konsumennya kebingungan akan segala rahasia yang dimilikinya. Hal barusan merupakan perasaan yang minmin rasakan ketika mencoba memainkan The Vanishing of Ethan Carter.

Vanishing of Ethan Carter menyajikan suatu hal yang lebih dari sekedar kisah detektif dengan bumbu supernatural saja. Tanpa buang waktu dan kalimat lagi, langsung cek saja pembahasan mengenai The Vanishing of Ethan Carter di bawah ini.

Perjalanan Singkat Yang Panjang, Namun Mendebarkan


Dalam The Vanishing of Ethan Carter 168GAMERS akan mengendalikan seorang detektif dengan kekuatan supernatural yang bernama Paul Prospero. Prospero pergi ke sebuah daerah terpencil bernama Red Creek Valley setelah mendapat surat dari seorang bocah bernama Ethan Carter. Ethan mengaku tengah dalam sebuah masalah dan meminta tolong Prospero untuk membantunya keluar dari masalah ini. Dalam usahanya menemukan Ethan, Prospero akan dihadapi dengan berbaga ipuzzle mistis, serta beberapa kasus pembunuhan di mana dia akan mendapatkan bantuan kekuatan mistis untuk memecahkan kasus yang ada. The Astronauts selaku developer The Vanishing of Ethan Carter juga menyediakan komik digital keren yang bisa 168GAMERS akses secara gratis di link ini.


Di game ini, tugas 168GAMERS sebagai Prospero adalah jalan, jalan, jalan, terus berjalan, dan memecahkan beberapa puzzle. Salah satu jenis puzzle yang akan 168GAMERS temukan beberapa kali dalam game adalah puzzle memecahkan kasus pembunuhan yang sangat keren sekali. Sebagai Prospero 168GAMERS akan memasuki semacam dunia arwah dan melihat berbagai potongan kejadian saat pembunuhan terjadi. Setelah melihat semua potongan, 168GAMERS diharuskan untuk mengurutkan kronologi yang tepat dari kejadian yang nampak acak. Setelah berhasil mengurutkan seluruh kejadian, barulah 168GAMERS bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada saat pembunuhan terjadi. Proses pemecahan kasus pembunuhan ini tidak hanya menyenangkan untuk dipecahkan, tapi juga seru dilihat karena berbagai petunjuk yang tersebar di game ini disajikan dengan teks melayang di atas objek layaknya efek yang biasa ditemukan di serial TV Sherlock.

Puzzle pembunuhan, serta berbagai puzzle unik lainnya ini tersebar di Red Creek Valley dan bisa 168GAMERS selesaikan dengan urutan sesuka hati 168GAMERS. Meskipun begitu, untuk mendapatkan ending dari game ini, 168GAMERS harus menyelesaikan seluruh puzzle yang ada. Namun karena Red Creek Valley ini bisa dibilang lumayan luas, jika sampai 168GAMERS melewatkan sebuah puzzle, maka perjalanan untuk mencapainya kembali mungkin akan sangat membosankan. Walaupun memang perjalanan yang panjang, melelahkan, dan membosankan ini ditemani dengan pemandangan yang sangat indah.:D

Perlu diingat juga, dari awal 168GAMERS bermain, game ini sudah menampilkan peringatan bahwa 168GAMERS tidak akan dimanjakan di sini. Satu-satunya yang bisa 168GAMERS andalkan adalah kemampuan Prospero, serta kemampuan berpikir 168GAMERS sendiri. Jadi jangan harap 168GAMERS akan dibantu dengan clue yang selalu tiba-tiba muncul seperti di kebanyakan game modern.


Apakah Semua Ini Nyata?

Saat pertama kali masuk ke dunia Ethan Carter, minmin langsung dibuat takjub dengan kualitas grafis yang dimiliki game ini. The Vanishing of Ethan Carter jelas merupakan game yang wajib 168GAMERS nikmati dalam resolusi tertinggi yang bisa 168GAMERS capai, sedangkan untuk urusan frame rate, game ini tidak melibatkan banyak aksi, jadi kekurangan dari segi frame rate tidak seharusnya menjadi penghalang besar.

Kualitas grafis yang dimiliki The Vanishing of Ethan Carter tidak hanya berfungsi sebagai pemanis mata saja. Estetika yang dimiliki visual game ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas atmosfer yang juga berperan cukup penting dalam menyampaikan cerita yang ada. Berkat bantuan atmosfer berkualitas dalam game, kisah supernatural yang dapat 168GAMERS temukan bisa lebih terasa mistis dan menarik untuk diikuti.


Jangan heran jika kamu merasa grafis game ini terlalu bagus untuk ukuran game indie. Hal ini bisa terwujud tidak hanya karena game ini dikembangkan dengan Unreal Engine 3. The Vanishing of Ethan Carter juga dibuat menggunakan sebuah teknologi unik yang diberi nama Photogrammetry.Agak sulit juga menjelaskan mengenai teknologi ini, tapi singkatnya dengan bantuan teknologi ini tim The Astronauts bisa membuat objek-objek 3D dari foto yang diambil langsung objek di dunia nyata. Kalau 168GAMERS tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Photogrammetry, 168GAMERS bisa cek penjelasan tim The Astronauts beserta beberapa contoh melalui blog resmi mereka.

Tidak lupa juga, atmosfer luar biasa yang dimiliki The Vanishing of Ethan Carter ini juga didukung oleh efek-efek suara yang bisa membuat jantung berdebar serta musik yang mengalun dengan indahnya mengiringi perjalanan Paul Prospero. Sepertinya teknologi headphone dan virtual realityseperti Oculus Rift memang dibuat demi game seperti The Vanishing of Ethan Carter. Jika sudah memiliki Oculus Rift atau Project Morpheus, minmin pasti tidak akan ragu untuk mengulangi perjalanan dengan Paul Prospero tapi dengan nuansa yang jauh lebih immersive dari sebelumnya menggunakan perangkat-perangkat tersebut.


Verdict: Sebuah Cerita Yang Wajib Diikuti

Kalau boleh jujur, minmin sama sekali tidak memiliki ekspektasi yang tinggi saat berita mengenai The Vanishing of Ethan Carter akan segera rilis tersebar. Tapi begitu mencoba langsung game ini, dan menamatkannya hanya dalam satu sesi bermain saja, minmin betul-betul terpesona dibuatnya.

Dari luar, The Vanishing of Ethan Carter merupakan game dengan kualitas visual yang tidak kira-kira bagusnya. Game ini juga memiliki musik serta suara narator yang semakin membuat pemainnya tenggelam dalam suasana yang mistis dan atmosfer berkualitas. Tapi di balik semua itu, The Vanishing of Ethan Carter betul-betul menyajikan sebuah kisah yang disampaikan dengan sangat unik dan menarik. Serta unsur surealisme yang dijamin akan membua pemainnya selalu bertanya-tanya tentang detail cerita di game ini, bahkan setelah mereka menamatkannya 100%.

Saat ini The Vanishing of Ethan Carter bisa 168GAMERS mainkan di Windows PC dan dapat dibeli melalu iSteam. Game ini sudah dikonfirmasi akan dirilis di PS4 juga, sayangnya belum ada kepastian kapan versi PS4 akan tersedia. Tapi yang jelas The Astronauts sudah mengkonfirmasi bahwa versi next-gen console tersebut akan tersedia tahun depan. Mungkin saja mereka menunggu untuk merilisnya bersamaan dengan Project Morpheus, kalau iya, tentunya The Vanishing of Ethan Carterbisa menjadi game yang sempurna dimainkan dengan perangkat yang satu itu.



KESIMPULAN :

(+) Visual yang luar biasa indah
(+) Atmosfer yang sangat berkualitas
(+) Musik yang enak
(+) Puzzle yang keren & menarik
(+) Sebuah kisah surealis yang wajib diikuti penggemar fiksi

(-) Terlalu banyak waktu habis untuk berjalan
(-) Ada satu bagian game yang melibatkan jump scare serta labirin yang menyebalkan

RATING 168GAMES : 9/10

2 comments:

  1. terima kasih atas informasinya bosku langsung saja mengunjugi pada situs kami di merdeka303 dan segera nikmati bonus yang

    telah ada di situs kami untuk informasi selanjutnya hubungi customer service kami di

    kontak yang kami sediakan di bawah ini :

    Line : merdeka303
    WeChat : merdeka303
    Pin BBM : merdeka303

    ReplyDelete
  2. Segera Bergabung Dengan Kami Juga mposlot

    ReplyDelete