Home » , » Review Motorsport Manager – Mau Coba Rasanya Jadi Manager Balap Mobil?

Review Motorsport Manager – Mau Coba Rasanya Jadi Manager Balap Mobil?


168GAMES - Apa itu Motorsport MANAGER? Pada dasarnya ini adalah sebuah game simulasi di mana 168GAMERS akan ditempatkan dalam posisi manajer untuk mengatur sebuah tim balap mobil. Mirip seperti balap mobil Formula 1, namun karena game ini tidak mempunyai lisensi maka tidak ada elemen yang akan berasal dari Formula 1, seperti pembalap atau mobil resmi yang digunakan. Tetapi secara prinsip ini adalah game simulasi kejuaraan Formula 1.



Sama seperti kebanyakan game simulasi, 
168GAMERS tidak akan langsung turun tangan di balapan. 168GAMERS akan mengendalikan keseluruhan balapan dari belakang layar. Langkah pertama 168GAMERS untuk terjun adalah mencari pembalap. Seperti biasa 168GAMERS mulai dengan pembalap yang ‘cupu’ sebelum nantinya 168GAMERS bisa merekrut pembalap dewa. Proses rekrut terbilang cukup mudah namun terdapat sedikit bumbu negosiasi, seperti gaji, lama kontrak, dan posisi pembalap (apakah akan menjadi andalan atau hanya pembalap kedua dalam tim).

Hal ini terdengar menarik namun developer sayangnya tidak memberikan risiko atau tantangan. Maksud minmin, jika 
168GAMERS gagal dalam merekrut orang, misalnya karena gaji terlalu kecil maka 168GAMERS bisa mencobanya terus sampai berhasil. Jika saja ada kemungkinan untuk ditolak permanen atau direkrut tim tetangga maka prosesnya akan lebih menantang.

Setiap kejuaraan akan terdiri dari 9 balapan di 9 trek yang berbeda. Sebelum bisa mulai sebuah pertandingan  wajb mengikuti kualifikasi. Tidak seperti kebanyakan game balap lain di mana kualifikasi adalah sesuatu yang mudah dilewatkan, di sini kualifikasi adalah sesuatu yang sangat penting. Dengan melihat bentuk trek yang akan 168GAMERS jalani, 168GAMERS harus memutuskan kombinasi gear ratio dan aerodynamics yang akan digunakan. Apakah 168GAMERS akan menggunakan gear ratio yang mengedepankan akselerasi atau kecepatan tikungan? Motorsport MANAGER akan memberikan 168GAMERS kombinasi yang bisa 168GAMERS gunakan dalam balapan, namun minmin merasa itu adalah kombinasi yang aman. Jika 168GAMERS berani mengubah dengan benar-benar memperhatikan bentuk trek maka terkadang hasilnya bisa lebih baik.



Di babak kualifikasi inilah 
168GAMERS bisa mencoba kombinasi yang 168GAMERS mau, namun waktu yang diberikan benar-benar terbatas. Ronde kualifikasi juga berguna untuk menentukan posisi start , walaupun sebenarnya itu tidak punya pengaruh yang sangat vital. Selama pertandingan yang sebenarnya terjadi, kemampuan 168GAMERS untuk mengambil keputusan akan diuji terutama untuk menentukan saat yang tepat melakukan pit stop.

Ketika pembalap melakukan pit stop 
168GAMERS bisa mengganti ban mereka dengan 3 tipe: soft, hard,dan wet. Soft akan membuat mobil lebih cepat namun cepat menipis, sedangkan hard mempunyai performa yang biasa saja namun seperti yang 168GAMERS tebak lebih lama habis. Tugas utama 168GAMERS adalah memastikan di lap terakhir pembalap 168GAMERS tidak mengalami ban yang tipis karena itu akan mempengaruhi sekali performanya. 168GAMERS dapat melakukan pit stop kapan pun 168GAMERS mau dan menurut minmin ini adalah inti dari Motorsport MANAGER. Katakanlah 168GAMERS pembalap terakhir dan semua pembalap memutuskan pit stop kecuali 168GAMERS. Tentunya ketika ini terjadi 168GAMERS akan otomatis menjadi nomor 1 karena selama mobil lain mengganti ban 168GAMERS tetap di trek. Namun apakah ban 168GAMERS akan kuat sampai putaran terakhir atau malah gara-gara ini 168GAMERS harus mengganti ban di saat genting yang menentukan?

Selain keputusan pit stop dan penggunaan kombinasi mesin, ada juga beberapa keputusan dan upgrade lain. Seperti upgrade teknologi mobil, kepala mekanik, sponsor, dan juga riset. Namun hal tersebut cenderung linear. Pada dasarnya jika uang 
168GAMERS cukup maka silahkan upgrade, jika tidak maka terus balapan sampai cukup. Minmin mungkin terdengar menyepelekan, walaupun harus diakui ketika bermain banyaknya pilihan ini cukup menarik. Namun kembali lagi, berbagai upgrade ini hanyalah ilusi yang sebenarnya membosankan. Tidak banyak keputusan bebas dan juga risiko yang harus dihadapi, padahal inilah intinya menjadi sebuah manajer.



Minmin harus bilang bahwa sang developer sangat pintar dengan mengakali grafisnya. Dengan grafis yang sangat sederhana (mobil hanya berupa titik berwarna polos), Motorsport MANAGER berhasil membuat minmin merasa bahwa game ini memiliki grafis bagus. Jangan salah sangka,Motorsport MANAGER memang mempunyai grafis yang bagus, tetapi sebagian besar itu datang dari kepintaran menggunakan berbagai efek dan sudut pandang.

Jadi apakah Motorsport MANAGER wajib 
168GAMERS beli? Pertanyaan yang cukup sulit. Minmin menyukai konsepnya, namun keterbatasan pilihan sebagai manajer membuat Motorsport MANAGER  terasa terlalu ringan. Tapi jika itu yang 168GAMERS cari, sebuah simulasi mobil balap yang tidak terlalu rumit dan fun untuk dimainkan maka ini adalah game yang 168GAMERS cari. Sayangnya minmin mencari sesuatu yang lebih. ^_^



Apple App Store Link: Motorsport Manager, Rp. 35000


*Sang developer sedang mengerjakan versi Android namun belum ada tanggal rilis.




KESIMPULAN :

(+) Kualitas grafisnya memiliki semangat balapan mobil
(+) Gameplay secara keseluruha terbilang solid walaupun sederhana

(-) Tanpa diskon , MOTORSHOP MANAGER terbilang mahal
(-) Tidak terlalu banyak pilihan yang mempunyai konsekuensi

RATING 168GAMES : 7/10


0 comments:

Post a Comment